Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Hari Ini Pertamina Luncurkan Solar Baru di Jabodetabek

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Pertamina meluncurkan Dexlite, jenis solar baru dengan CN 51, di SPBU Lenteng Agung, Jakarta pada Jumat, 15 April 2016.

Direktur Marketing Pertamina Ahmad Bambang mengatakan peluncuran dilakukan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. "Ada 33 SPBU yang disiapkan saat ini," katanya di SPBU Lenteng Agung, Jakarta pada Jumat.

Tersedia 33 SPBU yang menyediakan Dexlite saat ini, terdiri atas 27 SPBU milik swasta dan enam SPBU COCO. Terdapat masing-masing enam SPBU di Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Depok. Sedangkan di Jakarta ada 15 SPBU yang menyediakan Dexlite.

Setelah tes market, Pertamina berencana memasarkan Dexlite di wilayah Jawa pada Mei 2016. Tahap selanjutnya ialah memasarkannya di Sumatera Utara dan Kalimantan pada Juni 2016. Dua bulan setelahnya, Dexlite ditargetkan bisa dipasarkan di Sumatera Selatan dan Sulawesi. Wilayah Papua dan Maluku baru bisa merasakan Dexlite pada September 2016.

Dexlite dijual seharga Rp 6.750 selama masa tes pasar. Afandi mengatakan harga Dexlite setelah tes pasar akan dikaji setiap dua minggu dan disesuaikan dengan kondisi pasar.

Dexlite merupakan varian baru bahan bakar diesel dengan Cetane Number minimal 51 dan Sulfur maksimal 1.200 ppm. Kualitas Dexlite berada di bawah Dex dan di atas Biosolar berdasarkan Cetane Number dan kandungan Sulfur. Dex mengandung CN sebesar 53 dengan Sulfur 300 ppm. Sedangkan CN Biosolar sebesar 48 dengan Sulfur 3.000 ppm.

Dexlite mengandung Fatty Acid Methyl Eter (FAME) sebanyak 20 persen. Selain itu, Dexlite mengandung zat aditif. Dengan segala spesifikasi tersebut, Dexlite diklaim bisa membantu performa, akselerasi, dan tenaga mesin.