Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Menteri Lembong Minta Masyarakat Beralih ke Daging Sapi Beku

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengaku cukup kesulitan mengatur logistik untuk daging sapi segar dibanding daging sapi beku. Menurut dia, daging sapi segar hanya bisa disimpan dalam semalam.

"Mengatur logistik untuk daging segar setengah mati," kata Thomas di Restoran Puang Oca, Jakarta, Sabtu, 18 Juni 2016.

Dia meminta masyarakat beralih untuk mengkonsumsi daging sapi beku. Selain pengelolaan logistik yang lebih mudah, daging sapi beku juga bisa disimpan selama berbulan-bulan. "Kalau masyarakat konsumsi daging beku, kami bisa menyetok sehingga lonjakan harga bisa dihindari," katanya.

Selain itu, kata Thomas, daging sapi beku juga lebih higienis. Dia mencontohkan di Jerman dan Amerika Serikat. Di dua negara tersebut, daging sapi yang beku selalu disimpan di chiller. "Tidak mungkin ada daging-daging sapi segar yang digantung di suhu ruangan," ujar dia.

Menurut Thomas, budaya mengkonsumsi daging sapi beku oleh masyarakat perlu disosialisasikan. Sarana dan sumber daya manusia pun harus dipersiapkan oleh pemerintah. "Perlu gudang dan pendingin serta coolbox di pasar. Industri lokal pun perlu beralih ke daging sapi beku," katanya.