Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Pembangunan Wisma Atlet Asian Games di Palembang Dipercepat

12/12/2018



TEMPO.COPalembang -  Pembangunan enam menara Wisma Atlet di Palembang, dipercepat oleh pengembang dan pemerintah provinsi Sumatera Selatan. Tujuannya agar sarana akomodasi tersebut dapat rampung lebih cepat sebelum para duta olahraga itu memulai test event. 

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mengatakan, pihaknya sengaja membangun dengan konsep rumah susun karena setelah gelaran Asian Games, wisma atlet akan menjadi milik masyarakat.

"Para atlet tinggal berjalan kaki ke venue. Jakabaring akan jadi Green City," kata Alex, Kamis, 9 Juni 2016. Ia menambahkan, semua yang dibangun sebenarnya bukan untuk Sumsel semata, tapi untuk Republik Indonesia. 

Kepada Pengembang PT. Perumnas, Alex menjanjikan akan memasarkan rumah susun umum. Menurutnya Perumnas tidak perlu ragu karena hunian ini akan cepat laku. "Kami akan bantu pemasarannya dan pasti laku karena di sini fasilitasnya lengkap," ujar dia.

Kami siang, Perumnas meresmikan dan sekaligus meluncurkan pendaftaran perdana pemesanan Rumah Susun Umum Jakabaring. Bersama dengan pemerintah Provinsi Sumsel yang didukung kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementrian BUMN, Pembangunan Rumah susun ini ditargetkan rampung 2017 sebelum perhelatan Asian Games dilaksanakan.

Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto pada acara peresmian Rumah Susun Umum di Jakabaring menjelaskan, di kompleks wisma ini dibangun enam tower Rumah susun di atas lahan seluas 5 hektar, menampung sekitar 2.600 unit hunian yang akan terhubung dengan Light Rail Train (LRT) dan jalan musi IV. 

Proyek ini akan menjadi yang terbesar dan terintegrasi di Palembang. Pembangunannya dijamin tidak menggunakan APBN maupun APBD. "Kami siapkan dana hingga Rp 600 miliar," kata Arief.