Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Presiden Jokowi Minta Menteri Kendalikan Anggaran

12/12/2018



TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo meminta semua menteri dan lembaga dapat mengendalikan anggaran negara. "Tiap menteri dan kepala lembaga wajib kendalikan anggaran. Jangan diserahkan ke bawahannya. Pengendalian anggaran," kata Presiden saat membuka sidang kabinet paripurna di gedung Sekretariat Negara, Kamis, 7 April 2016.

Presiden mengatakan perencanaan anggaran tidak boleh disusun menurut pola-pola lama. Rancangan anggaran harus berfokus pada program-program yang dikerjakan. "Tidak perlu banyak program, konsentrasi pada program yang jelas dan bermanfaat bagi rakyat dan menciptakan multiplier effect pada dunia usaha," ujarnya.

Jokowi juga meminta kementerian dan lembaga meningkatkan sinergi. Peningkatan sinergi serta penajaman program prioritas akan berdampak signifikan pada implementasi program. Presiden juga meminta agar program yang dikerjakan dapat terlihat oleh masyarakat.

Dalam pembukaan sidang kabinet paripurna, Presiden mengatakan ada sejumlah topik yang akan dibahas, yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, One Map Policy, dana desa, dan kemudahan berusaha.

Sidang kabinet paripurna dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, semua menteri kabinet kerja, dan pemimpin lembaga setingkat menteri.