Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Tempo.co) Presiden Luncurkan E-Commerce Produk Pertanian

12/12/2018



TEMPO.COBrebes - Presiden Joko Widodo, Senin, 11 April 2016, akan meluncurkan sistem pemasaran produk hasil pertanian dengan sistem online (e-commerce). Anggota Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan program ini bagian dari program Sinergi Aksi Ekonomi Rakyat yang akan diresmikan Presiden di Brebes, Jawa Tengah. 

"Pengembangan sarana dan prasarana teknologi informasi dilakukan untuk memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani kepada konsumen," kata Ari, Senin, 11 April 2016. 

Ari mengatakan tujuan utama program ini adalah menjaga ketersediaan komoditas pangan dan stabilitas harga sampai tingkat konsumen. Contoh aplikasi yang digunakan adalah aplikasi info pasar serta market place, seperti Limakilo.id dan Kumis.com. Sinergi pemasaran melibatkan tiga kementerian, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 

Petani, kata dia, memerlukan gudang sebagai tempat penampungan produk, pasar, dan kurir. Lebih dari itu semua, transportasi desa menjadi jantung yang akan menggerakkan perekonomian masyarakat desa. 

Presiden akan meluncurkan program sinergi antar-kementerian ini di terminal agrobisnis Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Brebes, Jawa Tengah, menggunakan helikopter Super Puma TNI Angkatan Udara dari Pangkalan TNI AU Atang Sandjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.