Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(VIVA.co.id) Komisi X DPR: Pelaksanaan UN SMP Tak Ada Kendala Berarti

12/12/2018



VIVA.co.id - Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2015 yang digelar pekan ini berjalan lancar, dan tidak ada kendala berarti. Bahkan UN berbasis komputer atau CBT lebih disenangi anak didik karena lebih efisien dan meminimalisasi kebocoran. 

Demikian kesan yang didapatkan Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR dipimpin Ketua Komisi X Teuku Riefky Harsya, ketika memantau langsung pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Gresik, SMP Muhammadiyah 12, dan SMP Luar Biasa Gresik, Jawa Timur, Kamis 7 Mei 2015. 

“Kendala UN khususnya UN CBT di antaranya jumlah komputer terbatas dan listrik sehingga harus menyediakan genset. Di SMP 1 Gresik hanya memiliki 50 komputer, padahal jumlah siswanya sebanyak 269, sehingga harus pinjam ke sekolah lain,” ujar Riefky.

Meski baru dua SMP di Gresik yang melaksanakan UN CBT sebagai pilot project, secara umum, politisi Demokrat ini menilai UN berjalan baik.
 
“Justru yang khawatir malah para orangtua. Namun, dengan adanya try outsiswa lebih siap dan orang tua bisa memahaminya,” kata Riefky.

Politisi asal Dapil Aceh I ini berharap, terkait masih kurangmya infrastruktur penunjang UN, segera dibahas dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada akhir bulan ini, termasuk evaluasi UN 2015. Ia juga berharap, UN CBT dapat diterapkan di sekolah tingkat provinsi di seluruh Indonesia. (www.dpr.go.id)