Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(VivaNews) Penggabungan BUMN Energi Bisa Tingkatkan Produksi Migas RI

12/12/2018



Sekaligus meningkatkan ketahanan energi nasional.

VIVA.co.id - Belakangan ini muncul wacana penggabungan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak dan gas (migas), PT Pertamina dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Bila terwujud,merger ini dinilai akan mampu meningkatkan produksi migas nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengakui peleburan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut akan berdampak positif bagi ketahanan energi nasional.

"Terlepas dari perusahaan mana saja yang akan diholding, kami melihat holding energi ini sangat produktif untuk energi nasional," kata Wianda ketika dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 18 Juli 2015.

Beberapa waktu lalu, pemerintah sempat mewacanakan menunjuk Pertamina untuk menjadi induk usaha (holding) PGN. Tujuan penggabungan dua perusahaan tersebut sebagai penyegaran dan efisiensi industri migas di Indonesia.

Wianda menjelaskan, dengan adanya holding tersebut, akan ada keberlangsungan suplai migas dari sektor hulu, sehingga dapat memaksimalkan efektifitas sumber daya dan investasi migas.

Dia melanjutkan, apabila holding energi ini mampu tercapai, secara langsung kemampuan bersaing perusahaan akan meningkat, karena dapat meningkatkan volume cadangan dan produksi migas nasional.

"Ini setara dengan berbagai national oil company dunia yang mampu berkontribusi 50 persen pada produksi migas nasional di negaranya. Seperti Petronas di Malaysia, maupun PTT di Thailand," lanjut Wianda.