Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Warta Ekonomi Online) DPR Pesimis 39 RUU PROLEGNAS 2015 Tercapai

12/12/2018



WE Online, Jakarta - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Sareh Wiyono menyatakan pihaknya menargetkan 10 rancangan undang-undang (RUU) yang akan masuk ke dalam pembahasan di parlemen pada masa sidang V. Sareh menyatakan DPR akan mengebut pembahasan 10 RUU itu yang telah masuk dalam program legislasi nasional 2015.

"Agustus kita kebut pembahasannya," kata Sareh di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Kendati demikian, Sareh mengakui dirinya pesimis jika DPR dapat menyelesaikan 39 RUU yang masuk dalam Prolegnas Prioritas 2015. Dia menambahkan bila meleset dari target maka RUU itu akan masuk ke Prolegnas 2016.

Sebelumnya, Ketua DPR Setya Novanto mengklaim beberapa capaian di masa sidang IV. Dia menyebut tiga RUU usul inisiatif DPR di masa sidang IV, yaitu RUU tentang Tabungan Perumahan Rakyat, RUU tentang Penjaminan, dan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol.

"Ketiga RUU tersebut sudah disampaikan ke presiden untuk dibahas bersama antara pemerintah dan DPR di masa sidang selanjutnya," kata Setya.

Selain itu, terdapat enam RUU yang berada pada tahap harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg), yaitu RUU tentang Pertanahan, RUU tentang Jasa Konstruksi, RUU tentang Pertembakauan, RUU tentang Kebudayaan, RUU tentang Sistem Perbukuan, serta RUU tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam.

Setya juga mengaku DPR telah menerima empat RUU usul pemerintah, yaitu RUU tentang Merek, RUU tentang KUHP, RUU tentang Paten, dan RUU tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak.