Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Berita Terkait

Kategori Berita

(Warta Ekonomi Online) Kemenpora Berencana Lanjutkan Pembangunan Komplek Olahraga Hambalang

12/12/2018



WE Online, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana melanjutkan pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Desa Hambalang, Bogor, Jawa Barat, yang pembangunannya terhenti sejak 2013 karena kasus korupsi.

Seperti yang diberitakan tim media Kemenpora di Jakarta, Minggu (26/7/2015), Sekretaris Menpora Alfitra Salamm didampingi Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto, Kepala Inspektorat Syaiful Rahmad Hasibuan, Asisten Deputi Pembangunan Prasarana dan Sarana Olahraga Wisler Manalu dan arsitektur Timmy Setiawan telah meninjau secara langsung satu per satu gedung di komplek olahraga seluas 33 hektare tersebut.

"Kita telah secara langsung melihat perkembangan terakhir pembangunan Hambalang dan meskipun telah ada laporan tahun 2013 tapi kita berharap secapat mungkin dilakukan audit resmi terhadap Hambalang ini," kata Sesmenpora Alfitra Salamm saat berkunjung ke Komplek Olahraga Hambalang, Jumat (25/7).

Setelah audit dilaksanakan, pihak Kemenpora berencana menyelesaikan pembangunan dan renovasi pusat pelatihan olahraga yang baru 70-90 persen rampung dan telah menghabiskan dana miliaran rupiah itu.

"Nantinya hasil audit ini diharapkan dapat menjadi bahan untuk mengambil langkah selanjutnya, kira-kira mana saja yang bisa diteruskan dan mana saja yang tidak bisa diteruskan (pembangunannya)," Alfitra menambahkan.

Dia menilai proyek P3SON ini sangat prospektif dan baik untuk dilanjutkan demi perkembangan olahraga nasional.

"Secepat mungkin audit ini akan dilakukan dalam dua atau tiga bulan kemudian hasilnya akan kita laporkan kepada Menpora Imam Nahrawi dan setelah beliau melaporkan kepada Wakil Presiden, diharapkan tahun depan Kemenpora bisa menyiapkan anggaran untuk Hambalang apabila diteruskan pembangunannya," ujarnya.

Selain audit menyeluruh atas kondisi bangunan, Alfitra juga menekankan pentingnya skala prioritas untuk SMA dan SMP di P3SON Hambalang yang pembangunan gedungnya sudah hampir 90 persen jadi sehingga layak untuk diteruskan.

Terkait berita tentang adanya tanah yang longsor di komplek olahraga Hambalang, Alfitra menilai tidak ada yang longsor melainkan hanya tanah urukan yang terkena hujan.

"Saya tidak melihat tanah longsor yang begitu besar tetapi hasil dari pengamat dari ahli tanah memang harus diadakan pengaturan kanal-kanal khusus untuk pengaliran air sehingga tidak terjadi pengendapan air," katanya.