Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org

Jadi Relawan


Baca dulu yuk Apa JejakParlemen itu sebelum scroll ke bawah untuk cari tahu cara jadi relawan!

Apa JejakParlemen?

JejakParlemen dibentuk oleh beberapa anak muda yang merasa sangat bingung saat masa-masa Pileg 2014. Informasi mengenai ribuan caleg minim, dan cenderung hanya biografi yang sangat mendasar. Untuk calon petahana, tidak ada keterangan mengenai rekam jejak tentang kinerja mereka selama 5 tahun di DPR.

JejakParlemen diciptakan untuk menghilangkan kegundahan itu dengan harapan dapat membangun sistem demokrasi yang lebih matang di tahun pemilihan anggota legislatif tahun 2019. Misi kami adalah untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia dengan data yang komprehensif tentang rekam jejak seorang anggota saat menjabat dari 2014-2019. 

Kami  berada di DPR untuk meliput, merekam dan menyebarkan melalui sosial media @WikiDPR rapat-rapat terbuka di DPR. Kami memastikan agar semua anggota yang hadir dan menyampaikan pendapat mereka saat rapat dengan pemerintah/instansi yang bersangkutan terkemukakan pendapatnya. 

Dari peliputan, kami juga menuliskan rangkuman untuk masing-masing rapat dan melakukan update untuk profil-profil anggota DPR.

Strategi JejakParlemen:

  1. Mempromosikan dan mengembangkan transparansi dari sisi anggota DPR
  2. Meningkatkan ketertarikan rakyat tentang DPR
  3. Menyambungkan 2 stakeholders (Masyarakat & Anggota DPR) agar informasi berjalan 2 arah

Relawan JejakParlemen

Saya anak muda haus akan pendidikan politik. JejakParlemen adalah pelepas dahaga akan kurangnya pendidikan politik itu - Kurnia Gusti, Angkatan 2

Tugas Relawan JejakParlemen:

  1. Terus memperkaya diri dengan pengetahuan seputar isu terkini dan politik
  2. Meliput dan mempublikasikan aktivitas-aktivitas terkait DPR (rapat komisi, rapat paripurna, rapat Alat Kelengkapan Dewan, serta wawancara individu) dalam bentuk LiveTweet
  3. Meng-update profil anggota-anggota yang beririsan dengan LiveTweet masing-masing relawan untuk melengkapi track record mereka (apa yang mereka katakan dalam rapat komisi, apa pandangan mereka tentang sebuah kasus, apa tanggapan mereka mengenai Revisi Undang-Undang)

    *Relawan JejakParlemen harus transparan mengenai pandangan politik secara jujur kepada sesama relawan dan staf JejakParlemen
    *Relawan JejakParlemen harus menekankan netralitas, liputan faktual, dan tidak menyuarakan opini subyektif dalam peliputan JejakParlemen

OPREC Relawan JejakParlemen Angkatan Ke-16: 1 Oktober - 20 Oktober 2019

Kami sedang mencari Relawan JejakParlemen Angkatan ke-16. Untuk menjadi relawan angkatan ke-16, kamu wajib berkomitmen untuk:

  1. Hadir ke semua pelatihan JejakParlemen angkatan ke-16  (26 Oktober dan 2 November 2019)
  2. Melakukan LiveTweet liputan rapat di gedung DPR minimal 1 hari (min. 6 jam) per minggu (hari rapat: Senin-Kamis) dari tanggal 4 November 2019 - 31 Januari 2020
  3. Melakukan penulisan 10 rangkuman yang akan dipublikasikan di web jejakparlemen.id

Karakter apa yang dibutuhkan Relawan JejakParlemen?
Berkomitmen tinggi, tidak cepat menyerah, tidak mudah terintimidasi dengan hal-hal baru, detail-oriented. Dan yang paling penting: punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Tools apa yang dibutuhkan Relawan JejakParlemen?

  1. Smartphone dan kouta data yang bisa digunakan untuk mengambil gambar dan nge-tweet
  2. Powerbank
  3. Bisa mengikuti pelatihan di Kebayoran Baru, Jakarta & meliput di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Untuk apply silakan kirim:

  1. Biodata kamu yang lengkap: nama lengkap, tanggal lahir, no.telepon, alamat twitter, email, alamat domisili, pendidikan/pekerjaan/aktivitas organisasi saat ini hingga akhir Maret 2019 (apakah kuliah/sekolah/kerja/fresh graduate), institusi/lulusan/organisasi saat ini
  2. Kenapa kamu tertarik dengan DPR? Ceritakan isu terkini apa yang menarik perhatian kamu (1 paragraf)
  3. Apa tujuan dan harapan untuk bergabung dengan JejakParlemen?
  4. Sebutkan 3 alasan kenapa kamu yang harus dipilih untuk menjadi Relawan JejakParlemen?
  5. Waktu liputan JejakParlemen terdiri dari 3 sesi. Liputan pagi (pukul 10:00-16:00 WIB), Liputan siang (pukul 12:00-19:00 WIB), dan Liputan malam (pukul 18:00-24:00 WIB). Sesi manakah yang bisa kalian sering ikuti?
  6. Pelatihan dilakukan 2x dan bersifat WAJIB sehingga jika tidak hadir 1x pelatihan maka akan dinyatakan gugur. Apakah kamu dapat mengikuti di semua pelatihan JejakParlemen (26 Oktober dan 2 November)
  7. Apakah kamu dapat melakukan peliputan dan penulisan rangkuman minimal 1 kali seminggu dari tanggal 4 November 2019 hingga 31 Januari 2020 (minimal 10 kali peliputan dan 10 kali pembuatan rangkuman)?
  8. Lampirkan pas foto kamu dengan latar belakang polos untuk ID Card JejakParlemen.

Kirimkan nomor 1-7 dalam body email (kecuali untuk foto ID Card) ke email kontak@wikidpr.org dengan subject: "Relawan JejakParlemen Angkatan ke-16 itu Saya"

Tidak semua aplikasi akan diterima, dan yang dipilih menjadi Relawan JejakParlemen akan dikirimkan email pada tanggal 23 Oktober 2019.

JejakParlemen merupakan organisasi independen yang bukan bagian dari Humas DPR sehingga kegiatan relawan bersifat sukarela tanpa paksaan. 

Salam
JejakParlemen.id