Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Audiensi Komisi 9 dengan DPRD Magelang tentang Permasalahan BPJS

Tanggal Rapat: 27 Nov 2018, Ditulis Tanggal: 26 Dec 2018,
Komisi/AKD: Komisi 9 , Mitra Kerja: Pendamping RSUD Magelang

Ermalena anggota DPR RI fraksi PPP dapil NTB membuka audiensi dengan DPRD Kota Magelang pada 27 November 2018 pukul 11:03 WIB

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

DPRD Magelang

- Komisi B di Magelang membidangi kesehatan, perekonomian, perindustrian dan perdagangan. Namun karena sekarang sedang berada di Komisi 9 maka akan lebih difokuskan pada kesehatan.

- Ada beberapa hal masalah dalam BPJS yang berpengaruh dengan PAD termasuk di RSUD Magelang karena kebijakan ini cukup berpengaruh.

- Maksud dan tujuan untuk menyamakan persepsi serta mendapatkan masukan dan informasi dalam hal fungsi pengawasan terhadap mitra kerja di DPR RI dan penyusunan kebijakan pelayanan kesehatan oleg BPJS Kesehatan untuk warga miskin.

- Masalah BPJS di RSUD Magelang sangat bermasalah sekali karena faskes tingkat 1-2 dari rumah sakit tipe D ke C menjadi tidak bisa.

- Berkaitan dengan kebijakan terbaru terkait masalah tunggakan dari peserta BPJS sudah mulai terasa berat sekali dan bagaimana kebijakan BPJS terhadap tunggakan peserta BPJS.

- Pemeriksaan kesehatan adalah mengenai kepercayaan dan yang terjadi saat ini, ketika di suatu RS memiliki kebijakan baru, pasien dipaksa untuk mengikuti aturan tersebut dan mendapatkan fasilitas
yang tidak layak. DPRD Magelang berharap agar masalah fasilitas diperbaiki dan membantu keresahan masayarakat serta meningkatkan pelayanan yang diberikan.

- Di Magelang, banyak warga yang meminta kejelasan mengenai BPJS ini dan DPRD Magelang sebagai wakil rakyat harus dapat memberikan kejelasan terkait kebijakan yang sedang berlaku.

- Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk masyarakat sehingga kondisi real manajemen BPJS harus dipastikan dan bila memang tidak sehat, sebaiknya dikembalikan seperti Askes atau asuransi swasta yang tidak menimbulkan masalah.

- DPRD Magelang menanyakan regulasi antara pemerintah dan BPJS dan meminta untuk dikaji mengenai RS rujukan berjenjang. DPRD Magelang memohon agar aspirasi pada 2020 di Magelang didirikan rumah sakit tipe C dan berharap tidak ada kesenjangan antara setiap RS walaupun berbeda tipe.


Pendamping RSUD Magelang

- Rumah sakit swasta sangat rendah dalam hal partisipasi. RSUD Magelang dihadapkan pada regulasi dimana daerah harus mengintegrasikan masyarakat miskin ke BPKS dan hingga saat ini, sudah mencapai
95% bahkan banyak peserta BPJS Mandiri yang terputus sehingga terjadi penumpukan tunggakan.

- Pada 2019, akan merencanakan pembangunan rumah sakit tipe C namun permasalahan yang dihadapi adalah rujukan berjenjang dan ternyata banyak rumah sakit di Magelang yang merugikan banyak pasien sehingga pasien tidak terlayani secara medis dengan layak.


Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon anggota terhadap pemaparan mitra:

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan