Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

RAPBNP 2016 — Komisi 5 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat dengan Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal, dan BPSDM Kementerian Perhubungan

Tanggal Rapat: 21 Jun 2016, Ditulis Tanggal: 1 Apr 2021,
Komisi/AKD: Komisi 5 , Mitra Kerja: Sekjen Kemenhub

Pada 21 Juni 2016, Komisi 5 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal, dan BPSDM Kementerian Perhubungan tentang RAPBNP 2016. Rapat Dengar Pendapat ini dibuka dan dipimpin oleh Lasarus dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan Kalimantan Barat pada pukul 13.54 WIB dan dinyatakan terbuka untuk umum. (Ilustrasi: Jejak Parlemen)

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Sekjen Kemenhub
  • Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan membahas terkait pemotongan, hal-hal strategis, penyelamatan dan tol laut, dan di samping kriteria pemotongan anggaran dari Menteri Keuangan Kementerian Perhubungan sepakat dengan Komisi 5 DPR-RI terkait layanan publik, dan perihal safety tidak boleh dipotong.
  • Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan pun menginformasikan bahwa terdapat 91 pelabuhan yang telah diresmikan dan 80 pelabuhan lagi berada di wilayah Indonesia Timur, dan sisanya di wilayah barat.
  • Ia juga mengatakan penyusunan APBN kurang cermat dengan asumsi-asumsinya dikarenakan faktor eksternal.
  • Terkait target PNPB dari Kementerian Perhubungan termasuk yang diapresiasi di Badan Anggaran, karena mengalami kenaikan terus.
  • Dalam hal pengadaan mobil transportasi umum yaitu bus harus dapat disempurnakan mekanismenya dan proses pelaksanaannya.

BPSDM

  • BPSDM menjelaskan bahwa BP3IP diterima karena tidak mungkin lagi BPSDM mensubsidi secara penuh, dan mulai tahun depan BP3IP tidak menerima APBN. Untuk biaya perawatan pesawat akan dipotong karena ada pesawat yang sudah tidak dioperasikan.
  • Lalu terkait pembinaan Sumber Daya Manusia di daerah, saat ini BPSDM tidak sedang memberikan pendidikan pegawai pemerintah daerah secara gratis, tetapi harus bayar, dan yang nantinya akan mengambil bibit-bit dari BPSDM.
  • BP2IP Sorong mampu menampung 700 peserta pendidik, dan telah menerbitkan sertifikat sebanyak 5.044 sertifikat.

Direktur Jenderal KAI 121

  • Direktur Jenderal KAI 121 menjelaskan bahwa untuk peningkatan fasilitas operasi dari Tegal-Bojonegoro sudah memenuhi persyaratan tetapi tetap ingin ditingkatkan kembali.
  • Sedangkan untuk di Kalimantan masih dilakukan studi pembuatan rel kereta api sehingga tidak termasuk yang kena pemotongan. Terlebih untuk di Papua sudah diselesaikan antara Sorong-Manokwari sepanjang 420 km.

Direktur Jenderal Udara

  • Direktur Jenderal Udara menjelaskan bahwa beberapa pemotongan APBN terpaksa dipotong karena beberapa bandara lahannya belum dibebaskan, gagal lelang, dan masih diblokir.
  • Terkait pembangunan pelabuhan Tanjung Api-Api, terdapat temuan BPK dan masih kategori konstruksi dalam penyelesaian.

Sekretariat Jenderal Darat

  • Sekretariat Jenderal Darat mengatakan bahwa mengenai pengadaan bus sebanyak 813 dan ada penghematan sebanyak 22 bis, sehingga tinggal 731 bus saja. Sedangkan untuk angkutan lebaran tahun ini dapat berjalan dengan baik, karena telah menyiapkan dan menanggulangi arus lebaran.
  • Dengan begitu Kementerian Perhubungan akan melaksanakan apel siaga pada 24 juni dan akan dihadiri oleh stakeholder terkait dengan angkutan lebaran.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon anggota terhadap pemaparan mitra:

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan