Skip to main content
WikiDPR.orgMendekatkan Rakyat dengan Wakilnya

Penyelesaian RUU Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) – Raker Komisi 10 dengan Mendikbud, Menristedikti, Menkominfo dan MenkumHAM

Komisi/AKD: Komisi 10, Tanggal Rapat: 30/Oct/2018,  Ditulis Tanggal: 05/Nov/2018

Mitra Kerja: Mendikbud Menkominfo Menristedikti MenkumHAM Penyelesaian RUU Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) – Raker Komisi 10 dengan Mendikbud, Menristedikti, Menkominfo dan MenkumHAM

Pada 30 Oktober 2018, Komisi 10 DPR-RI melaksanakan Raker dengan Mendikbud, Menristekditi, Menkominfo dan MenkumHAM tentang Penyelesaian RUU  Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR). Rapat dipimpin dan dibuka oleh Sutan Adil Hendra dari Fraksi Gerindra Dapil Jambi pada pukul 08:22 WIB.

Sebagai pengantar rapat, Sutan Adil Hendra menuturkan bahwa pengelolaan hasil dari Karya Cetak dan Karya Rekam dilakukan sudah melalui beberapa tahapan yakni: penerimaan, pengadaan, pencatatan, pengelolaan, penyimpanan, pendayagunaan, pelestarian, perawatan. Sutan Adil Hendra juga menyampaikan hasil keputusan pada Sidang Panja yang dilakukan pada 29 Oktober 2018 telah diterima dan diputuskan, serta dibahas pada tingkat 1 yang akan dilaksanakan setelah rapat ini, dan adapun substansi dari RUU Tentang SSKCKR terdiri dari 8 bab dan 35 pasal.

 

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respons anggota:

Fraksi Golkar: Mohammad Suryo Alam dari Jawa Timur 8. Suryo menuturkan bahwa pendapat mini Fraksi Golkar tentang SSKCKR berdasarkan uraian-uraian yang ada dalam dokumen maka fraksi Golkar DPR-RI menyetujui RUU tentang SSKCKR untuk disahkan menjadi Undang-Undang dalam rapat Paripurna dalam waktu dekat ini.

Fraksi Gerindra: Sutan Adil Hendra dari Jambi. Sutan menuturkan bahwa pendapat akhir mini Fraksi Gerindra DPR RI terhadap RUU tentang SSKCKR menyatakan setuju untuk diteruskan dalam pembahasan tingkat kedua dalam rapat Paripurna.

Fraksi Demokrat: Putu Supadma Rudana dari Bali. Putu menuturkan bahwa pendapat mini fraksi Demokrat RI terhadap RUU tentang SSKCKR ialah menyetujui RUU tentang SSKCKR untuk segera disahkan.

Fraksi PAN: Yayuk Basuki dari Jawa Tengah 1. Yayuk menuturkan bahwa berdasarkan pertimbangan dan perjalanan yang panjang melalui mekanisme Panitia Kerja dan dengan mengucapkan bismillah Fraksi PAN menyatakan menyetujui tentang RUU SSKCKR untuk selanjutnya di proses sesuai dengan Perundang-Undangan yang berlaku.

Fraksi PKB: Lathifah Shohib dari Jawa Timur 5. Lathifah menuturkan bahwa pendapat akhir mini Fraksi PKB terhadap RUU Tentang SSKCKR dengan berbagai pandangan dan mekanisme yang sudah dilalui dengan mengucapkan bismillah PKB menyatakan persetujuan RUU Tentang SSKCKR untuk disahkan menjadi Undang-Undang sebagaimana ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku.

Fraksi PKS: Abdul Fikri Faqih dari Jawa Tengah 9. Fikri menyampaikan pendapat mini Fraksi terhadap RUU tentang SSKCKR dengan mengucapkan bismillah, Fraksi PKS menyetujui RUU tentang SSKCKR untuk ditetapkan sebagai Undang-Undang.Abdul Fikri mengatakan PDIP dan Hanura belum ada perwakilan yang datang pagi ini namun mereka tetap menyetujui dan dapat disimpulkan bahwa masing-masing fraksi setuju agar RUU tentang SSKCKR untuk dapat dibahas di tingkat 2 dalam rapat Paripurna. Abdul Fikri pun mempertanyakan akankah selanjutnya akan ada pengambilan keputusan dan disampaikan dengan pendapat akhir masing-masing fraksi maka dengan ini RUU SSKCKR dapat disahkan untuk dapat diambil keputusan dalam sidang Paripurna yang akan datang.

Fraksi PPP: Dengan mengucapkan bismillah Fraksi PPP memberikan persetujuan terhadap persetujuan tentang RUU SSKCKR untuk dilakukan pembahasan di tingkat selanjutnya

Fraksi Nasdem: Titik Prasetyowati Verdi dari Jawa Timur 6. Titik menuturkan pendapat akhir mini Fraksi Partai Nasdem atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang SSKCKR terhadap seluruh hasil kerja Panitia Kerja bersama Pemerintah dapat diterima dan dapat disetujui menjadi Undang-Undang dan selanjutnya dapat disampaikan pada tingkat Paripurna untuk diambil keputusan.

 

Respons Mitra

Berikut merupakan respons mitra terhadap pemantauan rapat:

  • Atas nama Pemerintah mengucapkan banyak terima kasih atas disahkan dan disetujuinya RUU tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) untuk dapat dibahas di tingkat 2, tentu ini adalah hasil kerja keras untuk dapat menyetujui Undang-Undang yang sangat strategis bagi kemajuan bangsa Indonesia.

 

Kesimpulan

Berikut merupakan kesimpulan rapat:

Persetujuan Undang-Undang tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam untuk dibawa dan disahkan ke Paripurna.

 

Penutup

Raker Komisi 10 dengan Mendikbud, Menristekditi, Menkominfo dan MenkumHAMtentang Penyelesaian RUU  Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) ditutup oleh Abdul Fikri Faqih dari Fraksi PKS Dapil Jawa Tengah 9 pada pukul 09:09 WIB.

Untuk mengikuti rangkaian livetweet Raker Komisi 10 dengan Mendikbud, Menristekditi, Menkominfo dan MenkumHAM tentang Penyelesaian RUU  Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR), kunjungi https://chirpstory.com/li/408385

 

Ilustrasi: kanalhukum.id

WikiDPR/fm/fy