Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Permasalahan Tunanetra – Pimpinan DPR, Fadli Zon, Audiensi dengan Komunitas Tunanetra Bojong Gede Kabupaten Bogor

Tanggal Rapat: 23 Jan 2019, Ditulis Tanggal: 5 Apr 2019,
Komisi/AKD: Pimpinan DPR , Mitra Kerja: Komunitas Tunanetra Kabupaten Bogor

Pada 23 Januari 2019, Pimpinan DPR-RI, Fadli Zon, mengadakan Audiensi dengan Komunitas Tunanetra Bojong Gede Kabupaten Bogor mengenai Permasalahan Tunanetra. Audiensi ini dilakukan di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara DPR-RI dan dibuka oleh Fadli Zon dari Fraksi Gerindra dapil Jawa Barat 5 pada pukul 16:17 WIB.

Pengantar Rapat

Alhamdulillah, akhirnya Bapak/Ibu dapat bersilahturahim ke DPR yang merupakan rumah rakyat. Fadli Zon memohon maaf karena lama menunggu dikarenakan dari pagi Fadli Zon rapat seharian. Fadli menjelaskan bahwa fungsi DPR itu ada 3 dimana salah satunya adalah membuat undang-undang bersama Pemerintah. Beberapa waktu lalu pada tahun 2016, Fadli Zon yang memimpin Rapat Paripurna dalam rangka pengesahan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Fadli Zon sangat yakin bahwa Bapak/Ibu dengan keterbatasannya tetap semangat dan tetap diberikan kekuatan, kesabaran dan dapat terus berjuang untuk memperbaiki kehidupan. Fadli Zon percaya dibalik keterbatasan tentu ada kekuatan-kekuatan yang dimiliki seperti kreatifitas.

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Komunitas Tunanetra Kabupaten Bogor

Penanya 1

Penanya 1 ditugaskan untuk menyampaikan pendidikan anak-anak tunanetra, yang menjadi kesulitan adalah tentang biaya dalam sekolah, dalam peraturan yang sekarang ini setiap anak yang lulus itu harus menggunakan akte kelahiran dan mayoritas dari para komunitas tunanetra Kabupaten Bogor belum memilikinya. Jadi, komunitas tunanetra Kabupaten Bogor memohon kepada Bapak Fadli Zon untuk dicarikan solusi bagi anak-anak dari komunitas tunanetra Kabupaten Bogor yang tunanetra agar dipermudah dalam mendapatkan akte kelahiran sehingga anak-anak dari komunitas tunanetra Kab. Bogor dapat memiliki NIK. Salah satu faktor yang menjadi penyebab komunitas tunanetra Kab. Bogor tidak dapat mengurus akte kelahiran itu karena kami para orang tua tidak memiliki KK dan juga KTP jadi mohon dipermudah untuk pengurusan ini.

Penanya 2

Penanya 2 mengatakan sound system dikomunitas tunanetra Kab. Bogor ini masih ecek-ecek jadi komunitas tunanetra Kab. Bogor ingin memiliki sound yang lebih merdu gitu jadi kalau buat ngaji, nyanyi, dan buat kegiatan lainnya itu enak didengar seperti suara yang ada di DPR pada saat ini.

Penanya 3

Penanya 3 ingin mengusulkan sesuatu yang penting dimana ada sesuatu yang belum komunitas tunanetra Kab. Bogor miliki yaitu tempat tinggal. Jadi, komunitas tunanetra Kab. Bogor sangat berharap kepada Pemerintah bahwa komunitas ini ingin sekali memiliki hunian tetap dan berharap dikasih cuma-cuma oleh Pemerintah.

Penanya 4

Komunitas tunanetra Kab. Bogor ingin menuntut hak bagi para disabilitas dimana ada hak yang belum sepenuhnya didapatkan sebagai warga negara yaitu masalah pekerjaan, komunitas ini ingin mendengar kapan ada lapangan pekerjaan khusus bagi disabilitas. Lapangan pekerjaan bagi disabilitas netra sangat terbatas karena kalau bekerja di tempat yang umum, disabilitas netra selalu diselimuti oleh ketidaknyamanan dan ketakutan. Penanya 4 berharap ada keinginan yang dapat diwujudkan dari Pemerintah dan DPR.

Penanya 5

Mengenai pendidikan, banyak anak-anak dari komunitas ini yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pendidikan khususnya dalam masalah pendanaan. Anak dari penanya 5 saat ini sudah nunggak Rp3.000.000. Jadi, komunitas ini memohon agar lebih diperhatikan terkait dengan pendidikan bagi anak disabilitas dalam hal pendanaannya.


Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respons anggota terhadap pemaparan mitra:

  • Gerindra / Fadli Zon

    Fadli Zon mengatakan bahwa dirinya akan menjawab seluruh pertanyaan secara umum. Fadli Zon mengira ini perlu secara bertahap diperbaiki termasuk edukasi kepada masyarakat. Terkait pekerjaan itu sudah ada kewajiban bagi negara untuk menyediakan lapangan pekerjaan yang layak bagi para penyandang disabilitas. Lebih lanjut, mengenai rumah KPR, ini perlu dipikirkan dahulu dan ini akan Fadli Zon sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten untuk dapat dipikirkan bentuknya seperti apa hunian yang friendly bagi para penyandang disabilitas karena harus ada kajiannya terlebih dahulu.

Respons Mitra

Berikut merupakan respons mitra terhadap pemantauan rapat:

Komunitas Tunanetra Kabupaten Bogor

Tidak ada respons mitra dalam Audiensi ini.


KESIMPULAN

Tidak ada kesimpulan dalam audiensi ini.

PENUTUP

Audiensi Pimpinan DPR-RI, Fadli Zon, dengan Komunitas Tunanetra Kabupaten Bogor ditutup oleh Fadli Zon dari Fraksi Gerindra dapil Jawa Barat 5 pada pukul 17:07 WIB.

Untuk membaca livetweet Pimpinan DPR-RI, Fadli Zon, dengan Komunitas Tunanetra Bojong Gede Kabupaten Bogor mengenai Permasalahan Tunanetra kunjungi https://chirpstory.com/li/416480

WikiDPR/denat

Ilustrasi: WikiDPR

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan