Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Rencana Kegiatan Bakti Sosial - Audiensi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dengan Ikatan Lansia Bojong Kulur

Tanggal Rapat: 12 Feb 2019, Ditulis Tanggal: 5 Apr 2019,
Komisi/AKD: Pimpinan DPR , Mitra Kerja: Ikatan Lansia Bojong Kulur

Pada tanggal 12 Februari 2019, Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR-RI bidang Kordinator Politik, Keamanan, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (HAM) menerima audiensi dari organisasi Ikatan Lansia Bojong Kulur (ILBK) untuk membahas isu-isu terkini di Bojong Kulur serta rencana kegiatan bakti sosial.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Fadli Zon pada pukul 14.40 WIB. Rapat dinyatakan terbuka untuk umum.

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Ikatan Lansia Bojong Kulur
  • Sebagaimana diketahui, setiap lansia harus mendapat tunjangan hari tua yang memadai untuk dirinya. Bagaimana caranya agar lansia di Bogor, terutama di Bojong Kulur dapat memperoleh tunjangan lansia yang memadai seperti lansia di Jakarta.
  • Saat ini kenaikan BBM juga menjadi masalah yang serius, ILBK berharap agar para mahasswa bisa berdemo untuk menyuarakan kenaian BBM ini. Namun, keadaan di lapangan saat ini menunjukan sudah sangat jarang mahasiswa yang berdemo. ILBK sangat menyayangkan hal ini.
  • Selain itu, masalah sertifikasi guru Madrasah Ibtidaiyah masih belum jelas. ILBK meminta DPR untuk meluruskan hal ini.
  • ILBK melihat bahwa peran DPR ini masih sedikit dalam menangani keluhan rakyat. Untuk itu, anggota ILBK berharap agar DPR benar-benar bisa memberi perhatian pada masalah masyarakat.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respons anggota terhadap pemaparan mitra:

  • Gerindra / Fadli Zon

    Fadli Zon berpendapat bahwa masa lansia merupakan masa-masa yang tidak sepenuhnya produktif, namun tak jarang ia melihat lansia yang masih aktif dan produktif seperti para lansia yang tergabung dalam organisasi ILBK ini.

    Fadli Zon menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari bangsa dan negara adalah mencapai kebahagiaan rakyatnya. Kebahagiaan tersebut dapat dicapai dengan cara memberi kecukupan pangan, sandang, dan papan, memberikan pelayanan rumah sakit yang memadai, serta adanya jaminan hari tua. Untuk mencapai semua itu, Pemerintah dan DPR harus bekerjasama untuk menciptakan regulasi yang menjamin kesejahteraan rakyat. Dalam rapat, Fadli Zon juga menerangkan mengenai fungsi DPR, seperti fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, dan juga fungsi lain seperti menyalurkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya. Oleh karena itu, ia akan menampung dan menyalurkan aspirasi para warga Bojong Kulur. Fadli Zon menyatakan bahwa beberapa masalah besar yang terjadi di Bojong Kulur saat ini adalah masalah banjir dan masalah infrastrktur, dalam hal ini Fadli Zon sudah menyampaikan keluhan masalah tersebut kepada Kementerian terkait. Fadli Zon berharap dan meminta doa restu dari ILBK agar dirinya kembali terpilih menjadi wakil rakyat agar terus bisa menampung dan menyalurkan aspirasi daerah pemilihannya, terutama daerah Bojong Kulur.

    Dalam rapat, Fadli Zon juga menanggapi beberapa pertanyaan para anggota ILBK. Yang pertama mengenai tunjangan lansia, untuk tunjangan lansia Fadli Zon merekomendasikan agar para anggota ILBK dapat menulis aspirasi mereka secara tertulis untuk disampaikan kepada pihak yang bersangkutan. Fadli Zon akan mengupayakan agar tunjangan lansia di Bojong Kulur bisa sama dengan tunjangan lansia di Jakarta.

    Mengenai pertanyaan seputar demo, Fadli Zon menyatakan bahwa saat ini mahasiswa jarang melakukan demo karena terhambat oleh batas waktu kuliah yang saat ini diperketat hanya boleh sampai lima tahun. Untuk itu, Fadli Zon mengharapkan agar para "emak-emak" yang bisa terjun langsung ke lapangan untuk melakukan demo. Sedangkan untuk pertanyaan mengenai hak angket, Fadli Zon menyatakan bahwa untuk menggunakan hak tersebut perlu ada persetujuan yang memadai dari fraksi lain.

Respons Mitra

Berikut merupakan respons mitra terhadap pemantauan rapat:

Ikatan Lansia Bojong Kulur

Tidak ada respon mitra dalam audiensi ini.


Kesimpulan

Audiensi ini tidak menghasilkan kesimpulan.

Penutup

Audiensi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dengan organisasi ILBK ditutup oleh Fadli Zon pada pukul 15.27 WIB. Untuk membaca rangkaian livetweet Audiensi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dengan organisasi ILBK, kunjungi https:/chirpstory.com/li/418450.

Sumber Ilustrasi : Twitter.com/Fadlizon

WikiDPR/Frd

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan