Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Rencana Strategi dan Persiapan Event Olahraga — Komisi 10 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Satlak Prima

Tanggal Rapat: 19 Jan 2019, Ditulis Tanggal: 8 Jun 2021,
Komisi/AKD: Komisi 10 , Mitra Kerja: Satlak Prima

Pada 19 Januari 2016, Komisi 10 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Satlak Prima tentang Rencana Strategi dan Persiapan Event Olahraga. Rapat Kerja ini dibuka dan dipimpin oleh Teuku Riefky dari fraksi Partai Demokrat daerah pemilihan Aceh 1 pada pukul 10.35 WIB dan dinyatakan terbuka untuk umum. (Ilustrasi: republika.co.id)

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Satlak Prima
  • Achmad Soetjipto, Ketua Satlak Prima menjelaskan Esensi Prima adalah program pemerintah untuk menciptakan atlet andalan nasional yang mampu berprestasi, dan prinsip utama adalah penetapan fokus yang menyangkut gerakan atlet, dan rencana strategis. Seleksi pembentukan skuad yaitu terdiri dari 131 skuad utama, 389 skuad muda, dan 200 skuad pertama yang meliputi 31 cabang olahraga.
  • Di tahun 2010 Asian Games, Indonesia berada di peringkat ke-11, dan di tahun 2011 Indonesia menjadi juara umum di acara Sea Games, lalu di tahun 2013 Indonesia berada di peringkat ke-4. Indonesia mengalami penurunan 9% dalam prestasi di Sea Games 2007 hingga 2015.
  • Prima harus menyusun performa yang realistik berdasarkan data terkini, program kepelatihan performa tinggi menyusun rencana monitoring, rencana operasional KPP, dan membuka akses konsultan olahraga internasional untuk menciptakan lingkungan keunggulan manajemen prestasi atlet.
  • Sistem yang ada di Satlak Prima belum menjamin terciptanya keunggulan & atmosfer yang kondusif. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan sinergi dengan stakeholder bidang olahraga, dan menggunakan paradigma baru.
  • Surat Keputusan Menpora No. 1166 Tahun 2015 merupakan direktif baru Pemerintah tentang manajemen Satlak Prima, kerangka kerja Prima terbagi 4 tahap, tahap 1 yaitu konsolidasi, tahap 2 yaitu membangun kapasitas, tahap 3 yaitu optimalisasi kerja, tahap 4 yaitu prestasi berkelanjutan.
  • Satlak Prima sudah bekerja sama dengan 3 universitas, yakni Universitas Negeri Surabaya, Universitas Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta.
  • Achmad Soetjipto, Ketua Satlak Prima menjelaskan cabang berpotensi yang meraih emas atletik, rowing, tinju, judo, taekwondo, karate, dan bowling, sehingga total potensi 13 medali.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon anggota terhadap pemaparan mitra:

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan