Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Optimalisasi Kebijakan Penyelenggaraan Kesehatan Hewan di Indonesia - RDPU Komisi 4 dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia

Tanggal Rapat: 26 Mar 2019, Ditulis Tanggal: 29 Apr 2019,
Komisi/AKD: Komisi 4 , Mitra Kerja: Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia

Pada tanggal 26 Maret 2019, Komisi 4 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia untuk membahas optimalisasi kebijakan penyelenggaraan kesehatan hewan di Indonesia.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Viva Yoga dari Fraksi PAN dapil Jawa Timur 1 pada pukul 13.37 WIB. Rapat dinyatakan terbuka untuk umum.

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia
  • Saat ini Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang ada belum mampu mengayomi dan mengakomodir kepentingan kesehatan hewan dan peternakan yang ada. Oleh sebab itu, maksud kedatangan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia kesini adalah untuk mengajukan revisi Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang ada.
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia mengusulkan untuk dibentuknya suatu lembaga yang memang dikhususkan untuk menangani dan mengatur masalah kesehatan hewan di Indonesia, lembaga ini harus dipisahkan dari lembaga peternakan yang ada.
  • Saat ini, fokus para dokter hewan di Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, sehingga Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia berupaya untuk memproduksi hasil ternak dengan jumlah skala yang besar.
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia menilai bahwa aspek pemerintahan daerah dengan sistem desentralisasi turut memengaruhi status atau situasi penanganan kesehatan hewan.
  • Seiring berjalannya perkembangan pemerintahan nasional, maka aspek pemerintahan daerah dan sistem desentralisasi cukup memengaruh status atau situasi penanganan kesehatan hewan, hal ini mulai diberlakukan sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Namun, permasalahan kesehatan hewan kini menjadi terpecah akibat adanya paradigma baru.
  • Adapun tantangan-tantangan yang dihadapi Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia saat ini adalah masalah-masalah terkait ternak produksi, produk asal hewan, satwa liar, satwa air, lingkungan hidup, obat-obatan, bioteorisme, dan zoonis.
  • Terkait masalah zoonis, masalah zoonis ini terjadi akibat kurangnya fasilitas yang memadai, karena saat ini sebagian besar fasilitas difokuskan untuk kepentingan manusia.
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia juga menghimbau agar penanganan satwa air dapat diperhatkan oleh pemerintah, agar terjadi keseimbangan pemeliharaan kesehatan hewan.
  • Saat ini Sumber Daya Manusia terkait kesehatan hewan juga belum memadai di lingkup pemerintahan, hal ini harus menjadi perhatian bersama.
  • Kelembagaan hewan harus ada di tingkat nasional dan daerah, hal ini bersifat wajib karena urusan peternakan ini menyangkut kesejahteraan masyarakat.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respons anggota terhadap pemaparan mitra:

  • Partai Amanat Nasional / Viva Yoga Mauladi

    Viva Yoga menyatakan bahwa Komisi 4 akan segera melakukan revisi Undang-Undang Perikanan, dan dalam revisi Undang-Undang perikanan ini, Komisi 4 akan melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk merumuskan definisi dan Pasal-Pasal dalam Undang-Undang tersebut. Selain itu Viva Yoga juga akan melibatkan para pakar dan stakeholders terkait untuk pembahasan revisi Undang-Undang Viva Yoga juga mendorong agar pembuatan draft Undang-Undang Kesehatan Hewan, Undang-Undang Pendidikan Tinggi Kedokteran Hewan, serta Badan Kesehatan Hewan Nasional.

    Mengenai otonomi daerah, Viva mengatakan bahwa tidak semua pemerintah kabupaten peduli dengan masalah kesehatan hewan, bahkan sebagian besar kabupaten tidak mempunyai dinas peternakan, hal inilah yang menjadi kendala teknis bagi pemerintah dan DPR saat ini untuk menetapkan aturan mengenai kesehatan hewan.

    Kendala lain yang juga dialami adalah kurangnya ketesediaan obat-obatan hewan, hal ini membuat pengobatan hewan di daerah seringkali terhambat. Namun, saat ini sudah banyak pikiran-pikiran pesat yang mampu mengubah paradigma terhadap pertanian dan peternakan, hal inilah yang harus ditingkatkan demi keberlangsungan perternakan dan pertanian yang baik.

Respons Mitra

Berikut merupakan respons mitra terhadap pemantauan rapat:

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia
  • Pedoman Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia di dalam melaksanakan kegiatan dan sistemnya adalah organisasi kesehatan hewan dunia.
  • Dalam rangka menangani permasalahan ternak dan kesehatan hewan, perhimpunan Dokter Hewan Indonesia akan menghimbau kepada seluruh dokter hewan di Indonesia untuk melaporkan keadaan satwa dan hewan ternak di daerahnya secara berkala.
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia berharap agar DPR dapat segera merumuskan revisi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009. Adapun perumusan revisi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 ini juga berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia juga berharap agar pemerintah dapat menaruh perhatian pada permasalahan rabies, sehingga masalah rabis ini dapat segera teratasi.
  • Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia juga menghimbau agar pemerintah lebih memperhatikan ketersediaan obat dan vaksin untuk mengobati penyakit hewan ternak.

Kesimpulan

1. Komisi IV DPR-RI mendorong dibentuknya undag-undang tentang pendidikan tinggi kedokteran hewan dan undang-undang tentang kesehatan hewan yang dimasukkan ke dalam prioritas Prolegnas tahun 2020.

2. Komisi IV DPR-RI mendorong dibentuknya badan kesehatan hewan nasional.

3. Komisi IV DPR-RI mendorong adanya perubahan nomenklatur di Kementerian Pertanian, dari Direktorat Jenderal Pertanian dan Kesehatan Hewan menjadi Direktorat Jenderal Peternakan dan Direkroat Jenderal Kesehatan Hewan.

Penutup

RDPU Komisi 4 dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ditutup pada pukul 15.54 WIB oleh Viva Yoga. Untuk membaca rangkaian livetweet RDPU Komisi 4 dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, kunjungi https://chirpstory.com/li/423916.

Sumber Ilustrasi : Kordanews.com

WikiDPR/Frd

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan