Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Follow us:   
Kontak kami:    kontak@wikidpr.org
Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan

Evaluasi Pelaksanaan APBN TA 2019 dan Roadmap Lembaga BP Batam - Komisi 6 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan BP Batam

Tanggal Rapat: 26 Feb 2020, Ditulis Tanggal: 30 Mar 2020,
Komisi/AKD: Komisi 6 , Mitra Kerja: Badan Pengusahaan Batam (BP Batam)

Pada 26 Februari 2020, Komisi 6 DPR-RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan BP Batam mengenai Evaluasi Pelaksanaan APBN TA 2019 dan Roadmap Lembaga BP Batam. RDP ini dibuka dan dipimpin oleh Gede Sumarjaya dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) daerah pemilihan Bali pada pukul 16:25 WIB dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Pemaparan Mitra

Berikut merupakan pemaparan mitra:

Badan Pengusahaan Batam (BP Batam)
  • Kondisi penyerapan DIPA BP Batam TA 2019 yaitu dengan total anggaran tidak terserap tahun 2019 sebesar 498 miliar, utamanya berasal dari meliputi anggaran tidak terserap dari eberapa proyek infrastruktur di pelabuhan laut dan bandara dengan anggaran kumulatif sekitar Rp.173 miliar.
  • Adanya perubahan design dan metode pekerjaan sehingga waktu pelaksanaan tidak mencukupi, proyek tersebut adalah penyiapan container yard sisi utara pelabuhan Batu Ampar, pengerukan alur dan kolam Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar, perbaikan Dermaga Selatan Pelabuhan Batu Ampar.
  • Perbaikan gorong-gorong corrugated steel yang melintasi runway dan adanya moraturium pengangkatan pegawai tetap BP Batam sehingga terdapat sisa anggaran belanja gaji dan tunjangan sebesar sekitar Rp.89 miliar dan optimalisasi anggaran sebesar Rp.159 miliar.
  • Proyek The Development of Sewerage System in Batam Island tersisa Rp.77 miliar atau 37% tidak terserap. karena adanya keberatan dari beberapa perumahan atau akses sehingga memerlukan sosialisasi intensif kepada masyarakat karena proyek ini baru sehingga banyak mengalami resistensi dari masyarakat.
  • Cuaca yang sangat ekstrim terutama di saat hujan dan instalasi utilitas di lokasi yang sama seperti halnya pipa air, telkom, pipa gas dan yang lainnya.
  • Manfaat yang diperoleh dalam kurun waktu 5 tahun (2020-2024) yaitu PNBP sebesar 11,6 triliun, tambahan tenaga kerja sebanyak 250.000 orang, investasi sebesar USD 6,5 miliar dan ekspor sebesar USD 5 miliar.

Pemantauan Rapat

Berikut merupakan respon anggota terhadap pemaparan mitra:

Rangkuman Terkait

Komisi / Alat Kelengkapan Dewan